10/9/08

Jangan resah (jodoh pasti datang)


Sudah dua hari ini aku rajin googling tulisan dengan kata kunci 'misteri jodoh'. Begitu banyak tulisan yang kujumpai. Dan hampir semuanya mengatakan bahwa jodoh adalah rahasia Tuhan. Dan sepenuhnya aku sepakat dengan pendapat tersebut.

Ya, jodoh memanglah rahasia Tuhan. Kapan dan dimana ia kan datang pada kita, kita takkan pernah tahu. Dan seringkali ia datang di tempat, waktu dan dengan cara yang tak pernah terpikirkan sama sekali.

Namun terbesit tanya, yang bagaimanakah yang bisa disebut jodoh?

Apakah yang disebut jodoh itu seseorang yang menikah dengan kita?

Ibuku bilang, sebuah pertemuanpun sudah bisa disebut jodoh. Karena bila kita tak berjodoh, kita takkan pernah bertemu. Dan memang benar apa yang dikatakan ibuku. Tapi itu masih sebagai arti jodoh secara luas.

Banyak orang bilang bahwa jodoh itu adalah pasangan hidup (orang yang menikah dengan kita). Dan jujur, aku setuju dengan pernyataan tersebut. Tetapi ketika kurenungi kembali, timbul tanya dihatiku, bagaimana dengan orang-orang yang menikah lebih dari sekali dalam hidupnya? Orang-orang yang menikah kemudian bercerai, lalu menikah kembali dengan pria/wanita lain. Atau para pria yang melakukan poligami. Yang manakah jodoh mereka, yang pertama atau kedua? Atau kesemuanya jodoh mereka?

Lalu ada juga yang mempertanyakan seorang suami/istri yang menikah dengan pasangannya dan setia menjalani pernikahan itu hingga akhir usia, tetapi tidak menjadikan pasangannya sebagai pria/wanita yang paling dicintai olehnya. Melainkan rasa cinta terbesar itu terjaga untuk pria/wanita lain yang bukan pasangan hidupnya. Apakah pasangan hidupnya itu masih tetap kita sebut sebagai jodohnya? Dan jawabku adalah: Ya, pasangan hidup yang dinikahinya adalah jodohnya.

Lalu kapan jodohku datang?

Maka ingin kukatakan kepada para lelaki dan wanita lajang yang sedang resah menantikan hadirnya sang pendamping hidup(termasuk aku), yakinlah, jodoh itu pasti datang. Entah dengan cara yang mudah ataupun sulit. Entah lewat perjalanan singkat atau masa panjang penantian yang melelahkan. Jodoh pasti kan datang. Bila tidak di dunia ini, pasti Allah kan memberikannya di akhirat kelak. Menjadikanmu raja/ratu bagi jodohmu.

Maka bersibuk-sibuklah tuk perbaiki diri, sehingga ketika ia datang, engkau benar-benar telah siap menjadi jodoh terbaik yang Tuhan berikan kepada pasanganmu.

3 comments:

Anonymous said...

sip2...
jangan resah, jodoh pasti datang

Anonymous said...

Ya q stuju ,,,,vi jujur q krang stuju akan jdoh d akhirat tu,,,seengganya kta hdup d dunia ni perlu seseorang yg bkln mnjadi jdoh kta,,,jdi untuk jdoh d akhirat it ursan nnti,,,,

Anonymous said...

Kykx hmpr smua cwo/cwe yg msh lajang,resah menanti jodoh..mg2 kt smua sbr dlm menanti.trs berusaha,&bersabar..yakinlah jodoh kita pasti ada dan kan sgra dtg....